PROFILE COMPANY
Identity
Clothing Industry adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industry
pakaian yang dikelola secara profesional. Produk-produk yang diproduksi yaitu
berbagai macam pakaian seperti T-shirt, Poloshirt, Kemeja, Sweter, Jaket,
jersey, PDL, PDH dan berbagai jenis pakaian lainnya. Hal ini tidak lepas dari
besarnya peluang bisnis dalam industry pakaian dengan semakin banyaknya
permintaan dan kebutuhan konsumen atas berbagai macam pakaian. Dalam
perkembangannya, Identity Clothing Industry mengalami beberapa kali
transpormasi baik dalam konsep maupun operasional system yang dikembangkannya.
Berikut ini akan dipaparkan gambaran umum mengenai Identity Clothing Industry.
Sejarah
Berdirinya Identity Clothing Industry
Sejarah
berdirinya Identity Clothing Industry sebagai sebuah perusahaan industry yang
menyediakan berbagai macam pakaian dimulai dari rintisan usaha sejak tahun 2006
mulai berkecimpung di dunia usaha industry pakaian skala kecil dalam berbagai
produk pakaian. Atas dasar pengalaman suatu rangkaian usaha yang lebih dari 3
tahun bergerak dalam bidang industry pakaian, maka tepat pada tanggal 1
November 2009 beliau mendirikan sebuah perusahaan dalam bidang industry pakaian
yang kemudian diberi nama “IDENTITY CLOTHING INDUSTRY” dengan kantor managemen
di D’Amerta Residence Blok D5 No 11 Jln. Ciganitri 2 Ds. Lengkong Kec. Bojong
Soang Kab. Bandung. Dengan telah berdirinya Identity Clothing Industry, maka
pihak managemen segera mengadakan pemantapan mengenai falsafah, konsep dan
operasional system Identity Clothing Industry yang dilaksanakan pada tanggal 5
November 2009. Dalam menjalankan usahanya Identity Clothing Industry menjalin
kerjasama dengan berbagai supplier yang siap menyediakan bahan baku yang
diperlukan dan juga dengan beberapa toko pakaian sebagai buyer. Adapun
dalam pemasarannya, Identity Clothing Industry tidak hanya berkonsentrasi di
wilayah Bandung saja, tetapi juga di beberapa kota di Jawa dan di luar jawa.
Hal ini terbukti dengan banyaknya pesanan yang masuk dari berbagai kota di luar
jawa seiring dengan system pemasaran kami yang menggunakan fasilitas dengan
akses online selain juga menggunakan tenaga marketing yang secara langsung
menawarkan berbagai produk kami. Dalam hal segmentasi pasar, Identity Clothing
Industry memiliki segmentasi pasar yang luas dan berasal dari berbagai kalangan
diantaranya pelajar, mahasiswa, instansi baik pendidikan maupun non-pendidikan,
perusahaan dagang, organisasi, dan masyarakat luas mengingat produk kami adalah
jenis produk yang tentunya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Falsafah Identity Clothing
Industry
“Orientasi
usaha dan tujuan perusahaan tidak semata-mata mencari keuntungan secara
material, akan tetapi juga memperkaya nilai-nilai spiritual”
Setiap
langkah yang diambil perusahaan dalam menjalankan bisnisnya harus disertai
dengan rasa tanggung jawab untuk menjaga commitment perusahaan yang di
bimbing oleh orientasi yang hakiki, dengan demikian keuntungan yang
didapat tidak hanya berupa keuntungan material. Pada gilirannya commitment ini
pula akan meningkatkan keuntungan materi jangka panjang, daya tahan usaha dan
kesinambungan usaha itu sendiri.
Logo
Motto : “Quality is
our priority”
Visi Identity Clothing Industry
“Menjadi
salah satu perusahaan Industri terkemuka di kelasnya yang handal dan terpercaya
melalui pelayanan prima dan menghasilkan produk yang berkualitas serta mampu
memberikan kesejahteraan bagi semua stake-holder, dan menjadi rahmat
bagi lingkungannya”
Misi Identity Clothing Industry
- Mewujudkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan dan produk yang terbaik serta senantiasa menciptakan hubungan kerja dan komunikasi yang harmonis dengan pelanggan
- Mengembangkan sumber daya manusia yang ada kearah profesionalitas sebagai asset perusahaan
- Memberikan keuntungan yang adil kepada pemegang modal
Agar
visi dan misi tersebut dapat tercapai dan tidak melenceng dari arahnya,
Identity Clothing Industry mempunyai pedoman kerja managemen yang dikenal
dengan six commitment of managemen
yaitu:
- Commitment terhadap Agama, yaitu commitment dengan tindakan sehari-hari termasuk di dalam perusahaan yang searah dengan ridha Allah SWT semata, sesuai dengan petunjuk-Nya dan tauladan dari Rasul-Nya agar mencapai keselamatan dunia dan akhirat.
- Commitment terhadap pelanggan, yaitu memberikan service yang memuaskan terhadap konsumen dengan melayani sepenuh hati dan professional termasuk seluruh pihak yang terkait seperti supplier, sub-kontraktor dan lain-lain.
- Commitment terhadap lingkungan, yaitu commitment dalam menjaga lingkungan usaha dan selalu beradaptasi dengan lingkungan tersebut.
- Commitment terhadap mutu produk, yaitu commitment dalam menjaga mutu produk yang dilakukan dengan pemeliharaan dan pengawasan mutu secara terus menerus bahkan harus ditingkatkan dan diperbaharui
- Commitment terhadap karyawan, yaitu commitment dalam memandang karyawan sebagai mitra kerja managemen yang paling utama yang harus diupayakan kesejahteraannya seiring dengan perkembangan perusahaan.
- Commitment terhadap pemegang modal, yaitu dengan menjalankan perusahaan dengan baik melalui peningkatan hasil kerja untuk kemajuan perusahaan agar invetasi yang ditanamkan menghasilkan keuntungan yang besar.
Budaya Perusahaan (The
Company’s Culture)
- Konservatif, dalam arti menerapkan kebijakan-kebijakan managemen yang hati-hati dan penuh pertimbangan dan menghindari kecenderungan ekspansif yang derivative dan tidak realistis yang pada akhirnya akan membahayakan kelangsungan usaha.
- Diversfikasi Konsentrik, yaitu mengembangkan sayap-sayap usaha yang tetap relevan dan sesuai dengan bidang keahlian yang dikuasai oleh managemen.
- Managemen Partisipatif, yaitu menganut paham bahwa setiap sumber daya manusia di dalam managemen merupakan asset penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, tujuan managemen hanya dapat dicapai melalui kerjasama serta partisipasi seluruh managemen dan stake holder-nya.
- Futuristik, yaitu selalu berusaha menjadi lebih baik dan lebih baik lagi untuk masa depan dengan meningkatkan ilmu dan keahlian untuk memberikan hasil yang maksimal.
- Tawadhu’ (Rendah Hati), yaitu dengan berbudaya “correct” yang sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan mengedepankan prinsip “plain living high thinking “, hidup sederhana dan berfikiran yang beradab akan mencegah budaya ceroboh, boros dan bermewah-mewahan.
- Praktis dan Efisien, yaitu paham yang meyakini bahwa sesuatu yang tidak rumit dan praktis akan lebih baik sehingga akan memberikan rasa nyaman terhadap konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar